Danau Toba, Sumatra Utara/dok.ist

6 Makanan Khas Danau Toba yang Wajib Dicoba

Editorindonesia, Sumut – Bila Anda sedang berwisata ke Danau Toba, Sumatra Utara, tidak hanya pemandangan alam yang memanjakan mata kita. Ternyata ada beragam wisata kuliner yang bisa menggoyang lidah selama berwisata di sana.

Namun, dari sekian banyak pilihan kuliner di Danau Toba, ada enam makanan yang harus Anda coba. Sebab cita rasanya sangat khas. Berikut 6 kuliner lezat yang bisa dicoba ketika berwisata ke Danau Toba

Ombus Ombus/dok.tangkapan layar youtube

1. Ombus Ombus
Camilan yang terbuat dari tepung beras, kelapa, gula merah ini bercita rasa manis. Biasa dijadikan teman minum teh di pagi hari ketika makan pagi. Camilan berbentuk kerucut ini termasuk hidangan wajib dalam beberapa upacara adat bagi suku batak.

2. Arsik
Arsik terbuat dari ikan mas atau nila yang diberi bumbu kuning. Rasanya yang pedas cocok buat pecinta pedas untuk mencobanya. Arsik dianggap sebagai simbol doa dan berkat pada proses pernikahan adar batak.

3. Sambal Tuk Tuk
Didalam sambal tuk tuk ada andaliman yang membedakan sambal ini dengan sambal sambal lainnya. Andaliman ini juga disebut merica batak. Sambal andaliman ini cocok dimakan bersama gorengan.

Sambal Tuk Tuk/dok.Cookpad.com

4. Mie Gomak
Mie gomak ini memiliki ukuran yang lebih besar dari mie mie lainnya. Dan teksturnya juga lebih kenyal.
Biasanya mie gomak ini diolah menjadi 2 hidangan yaitu mie gomak kuah atau mie gomak goreng.

5. Na niura
Na niura biasa disebut juga sashimi khas batak. orang batak biasa menyantap Na niura  dalam keadaan mentah sama seperti sashimi dari jepang.

6. Manuk Napunadar
Manuk merupakan sebutan ayam bagi masyarakat sekitar danau toba. Olahan ayam kaya rempah ini biasanya dihidangkan dalam upacara adat tertentu. Manuk Napunadar dimasak dengan kelapa sangrai dan tambahan andaliman. Sehingga menciptakan rasa yang gurih. Rasa gurihnya itu yang membjuat wisatawan ketagihan dengan rasa manuk napundar

Itulah enam kuliner yang patut Anda coba ketika mengunjungi Danau Toba Sumatera Utara. (Frd)