Albus Dumbledore di film Harry Potter. (Sumber foto: Wizarding World)

Apa itu Penyakit Pneumonia, Ini Penjelasannya

Editorindonesia, Jakarta – Aktor Michael Gambon, pemeran kepala sekolah Hogward Albus Dumbledore dalam film Harry Potter, dikabarkan meninggal dunia setelah mengidap Pneumonia.

Kita sering mendengar penyakit tersebut, namun belum banyak yang tahu apa sebenarnya Pneumonia itu? Dilansir dari HaloDoc, disebutkan bahwa Pneumonia adalah kondisi inflamasi yang terjadi saat seseorang mengalami infeksi pada kantung-kantung udara dalam paru-paru.

Pneumonia ini adalah kondisi dimana kantung udara yang terinfeksi tersebut akan terisi oleh cairan maupun pus (dahak purulen). Gangguan ini dapat menyebabkan batuk berdahak atau bernanah, demam, menggigil, hingga kesulitan bernapas.

Yang menjadi Penyebab utama dari gangguan inflamasi ini adalah infeksi virus, bakteri maupun jamur.

Di Indonesia, Pneumonia dikenal oleh masyarakat dengan sebutan paru paru basah. Penyakit ini bukan hanya menimpa pada orang dewasa melainkan juga terjadi pada anak anak bahkan bayi baru lahir.

Pneumonia yang diakibatkan oleh virus atau bakteri bisa menular ke orang lain. Seseorang yang mengidap pneumonia bisa menyebarkannya lewat tetesan udara dari bersin atau batuk yang dihirup oleh orang lain. Oleh karena itu pengidap pneumonia harus selalu memakai masker untuk menghindari penyebaran penyakit.

Beberapa pemeriksaan dari dokter yang umum dilakukan untuk mendiagnosisnya adalah melalui
1. Tes darah
2. Rontgen dada
3. Oksimetri nadi
4. Tes dahak

Komplikasi pneumonia lebih sering terjadi pada anak kecil, orang lanjut usia dan orang yang memiliki kondisi kesehatan sebelumnya seperti diabetes.
Komplikasi pneumonia yang bisa terjadi adalah
1. Radang selaput dada
2. Tulang rusuk meradangg
3. Abses paru paru
4. Keracunan darah (sepsis). (Frd)