Capres no urut 1 Anies Rasyid Baswedan dalam dialog bdertajuk "Haji untuk semua", Kamis 98/2/2024)/dok.timnas amin

Anies Janji Bangun Kampung Haji Indonesia di Arab Saudi

Editorindonesia, Jakarta – Calon presiden (capres) nomor urut 1 Anies Baswedan bertekat membangun kampung haji Indonesia di Arab Saudi. Anies melihat haji dan umrah sebagai investasi jangka panjang yang perlu dikerjakan negara.

“Setiap tahun ada haji dan ada umrah. Kenapa kita tak memiliki sumber daya untuk bisa membangun di sana?” kata Anies dalam dialog bertajuk “Haji untuk Semua” bersama Bachtiar Nasir di Al Azhar Jakarta, Kamis, 8 Januari 2024 malam.

Anies mengatakan kampung haji di Arab Saudi menjadi bagian dari investasi jangka panjang. Tempat itu akan menjadi kawasan yang memfasilitasi seluruh kebutuhan haji maupun umrah untuk rakyat Indonesia.

“Haji dan umrah Indonesia itu sebuah proyek yang tidak ada batas usianya. Jangan pandang ini sebagai proyek yang ada batas usia. Selama sebelum kiamat, kita masih kirim jemaah Indonesia,” ujar dia.

Anies optimistis kampung haji bakal menjadi lingkar usaha-usaha dalam negeri. Fasilitas itu juga berperan sebagai etalase budaya hingga kuliner dan hal lain terkait Indonesia.

“Bayangkan kampung ini bisa menampung jemaah bisa dari umrah bisa haji. Ini menjadi tempat UMKM (usaha mikro, kecil, dan menengah) serta memberikan semua pelayanan yang dibutuhkan,” jelas dia.

Dalam kesempatan tersebut, Anies juga memaparkan rencana ke depan untuk memperbaiki pengelolaan haji yang selama ini dianggap problematik. Beberapa rencana itu, di antaranya melakukan diplomasi untuk menambah kuota haji sebesar 300.000 jamaah sehingga memangkas waktu tunggu haji serta reformasi pengelolaan dana haji yang lebih baik lagi. (Didi)