Anies Baswedan,Capres Nomor urut 1/dok.tangkapan layar

Anies Serahkan Publik Menilai Soal Panelis Debat Capres dari Unhan

Editorindonesia, Jakarta – Anies Baswedan, calon presiden nomor urut 1 menyerahkan masyarakat menilai objektivitas panelis debat yang ketiga capres. Pasalnya dua dari 11 panelis dari Universitas Pertahanan (Unhan), perguruan tinggi di bawah Kemenhan yang menterinya salah satu konstetan Pilpres.

“Kami serahkan masyarakat yang menilai,” ucap Anies saat menjawab pertanyaan wartawan soal netralitas panelis debat ketiga usai menghadiri acara Resolusi Indonesia di Jakarta, Jumat malam (5/1/2023).

Menurut Anies, dia hanya berperan sebagai kontestan pada sesi debat ketiga yang akan digelar Komisi Pemilihan Umum (KPU) pada Minggu (7/1/2023). Anies mengaku telah bersiap untuk menghadapi debat yang mengusung tema pertahanan, keamanan, hubungan internasional, dan geopolitik tersebut.

“Semua harus dihadapi, tapi publik nanti akan bisa menilai, dan ini belum kejadian. Nanti sesudah kejadian orang akan melihat, menilai seperti apa nanti,” ucapnya.

Sebelumnya, Rabu (3/1), KPU mengumumkan 11 nama panelis debat capres ketiga Pemilu 2024. Dimana diketahui, dua dari 11 panelis debat tersebut adalah pakar keamanan dari Unhan Kusnanto Anggoro dan Ketua Dewan Guru Besar Unhan Laksamana TNI (Purn) Marsetio.

Pada Senin, 13 November 2023, Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI menetapkan tiga bakal pasangan calon presiden dan wakil presiden menjadi peserta Pemilu Presiden dan Wakil Presiden (Pilpres) 2024.

Hasil pengundian dan penetapan nomor urut peserta Pilpres 2024 pada hari Selasa, 14 November 2023, pasangan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar nomor urut 1, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka nomor urut 2, dan Ganjar Pranowo-Mahfud Md. nomor urut 3.

Hasil Polling Debat 1

Sejumlah media melakukan polling usai debat Capres perdana yang digelar Komisi Pemilihan Umum (KPU), pada 12 Desember 2023. Kali ini dengan topik pemerintahan, hukum HAM, pemberantasan korupsi, penguatan demokrasi, serta peningkatan layanan publik, dan kerukunan warga yang berlangsung di Gedung KPU. Hasilnya Capres nomor urut 1, Anies Rasyid Baswedan sebagai pemenangnya.

Hal ini terlihat dari beberapa polling yang dilakukan media saat dan setelah melakukan siaran langsung, kemarin, semuanya menempatkan Anies sebagai pemenang debat.

Hasil polling Kompas menunjukkan Anies mendapatkan 37,9 persen mengungguli Ganjar Pranowo 22,6 persen, dan Prabowo Subianto 21,8 persen. Sebanyak 17,7 persen menyatakan tidak tahu. Hasil ini cukup mengejutkan lantaran sehari sebelum debat, Litbang Kompas melansir survei yang menempatkan Prabowo berada di posisi pertama dengan angka 39,3 persen. Anies, yang di beberapa survei berada di nomor buncit, secara mengejutkan berada di urutan kedua dengan 16,7 persen, dan Ganjar mendapatkan 15,3 persen.

Polling Tempo.co yang diikuti 7.000 suara menunjukkan Anies menguasai panggung debat dengan skor 69 persen, diikuti Ganjar 23 persen, dan Prabowo hanya mendapatkan 6 persen. Kumparan sampai Rabu, 12 Desember 2023 pukul 21.22 WIB yang diikuti 3.057 suara mencatatkan Anies meraih 65,52 persen, Prabowo 18,51 persen, dan Ganjar 15,96 persen.

Polling ini juga dilakukan oleh perseorangan atau anggota tim pemenangan nasional calon. Polling yang digelar Iwan Fals di Twitter yang diikuti 21.267 suara, menempatkan Annies dengan skor 67,8 persen, Ganjar 15,1 persen, dan Prabowo 9,1 persen.

Partai Sosmed, yang memproklamirkan mendukung Prabowo, hasil pollingnya juga dimenangkan Anies dengan 53,9 persen dari 13.805 suara. Prabowo mendapatkan 38,3 persen, dan Ganjar 7,8 persen.

Begitu pula Jubir PSI, Sigit Widodo yang pollingnya diikuti 26.893 suara, menempatkan Anies secara mutlak dengan persentase 82,6 persen, diikuti Ganjar 8,8 persen, dan Prabowo 5,6 persen. (Her)

Baca Juga: Hasil Polling Media: Anies Kuasai Masalah di Debat Capres Perdana