Ilustrasi mobil Suzuki/dok.Suzuki

Brand Mobil Suzuki Terjual 80 Juta Unit hingga Agustus 2023

Editorindonesia, Jakarta – Suzuki Motor Corporation mencatatkan penjualan kendaraan roda empat global secara kumulatif mencapai 80 juta unit hingga akhir Agustus 2023. Pabrikan asal Jepang itu telah menjual 28,9 juta unit mobil di dalam negeri dan 51,27 juta unit sisanya di luar Jepang.

Secara global berdasarkan wilayah, angka penjualan di Jepang berkontribusi 36%, India 32,6%, Eropa 10%, Asia 13,5%, dan wilayah lainnya sebesar 7,8% meliputi Amerika Utara, Amerika Tengah dan Selatan, Oseania, Timur Tengah, Afrika, dan negara lainnya.

Suzuki pertama kali meluncurkan kendaraan roda empat ringan pertama yang diproduksi secara massal di Jepang, Suzulight, pada Oktober 1955. Berbagai inovasi dan pengembangan dilakukan untuk beragam jenis kendaraan ringan roda empat.

Pada 1965, perusahaan memasuki pasar mobil compact dengan merilis Suzuki Fronte 800. Sementara penjualan di luar negeri dimulai pada tahun 1959 ketika Suzuki mulai mengekspor Suzulight.

Pada 1975, Suzuki mulai produksi kendaraan roda empat lokal pertamanya di Pakistan, kemudian memperluas produksi di luar negeri, termasuk di India pada tahun 1983 dan Hungaria pada tahun 1992.

India kini turut berperan sebagai basis produksi bukan hanya untuk keperluan dalam negeri saja, tetapi juga untuk diekspor ke Afrika dan negara lain.

Saat ini, Suzuki memiliki 15 basis produksi mobil di 10 negara di seluruh dunia, termasuk Jepang. Mobil Suzuki telah dipasarkan di 184 negara dan wilayah yang tersebar di seluruh dunia.

Suzuki Alto saat ini menyumbang 20% dari total penjualan Suzuki Global yang telah mencapai 80 juta unit akhir bulan lalu. Mobil tersebut telah digunakan oleh banyak konsumen selama 44 tahun sejak dirilis pertama kali pada tahun 1979 dan telah menjadi model perwakilan light four-wheeled vehicle atau kendaraan ringan roda empat milik Jepang.

Suzuki Alto yang merupakan kendaraan roda empat ringan asal Jepang ini tidak hanya tersebar di Jepang, tetapi juga di seluruh dunia dan berkontribusi terhadap penjualan secara signifikan terutama di India.

“Suzuki Alto memiliki catatan penjualan tertinggi, dan memiliki peran penting terhadap kendaraan mini milik Suzuki dan juga sejarah Suzuki sendiri,” kata Presiden Suzuki Toshihiro Suzuki dalam keterangan resmi, yang dikutip pada Kamis (5/10/2023).

Pihaknya pun menyampaikan rasa terima kasih kepada pelanggan yang telah menggunakan produk Suzuki. Ke depannya, Suzuki disebut akan terus memproduksi mobil yang berasal dari sudut pandang konsumen yang ada di seluruh dunia dan menyediakan produk yang memiliki value untuk memenuhi kebutuhan masyarakat lokal.

“Meninjau kembali prinsip ‘Menempatkan diri pada posisi pelanggan’ yang telah diturunkan dari pendiri kami, Suzuki akan terus melakukan upaya lebih lanjut untuk mewujudkan nilai-nilai ‘Sho, Sho, Kei, Tan, Bi (Smaller, Fewer, Lighter, Shorter, and Beauty)’ yang mewakili inti manufaktur Suzuki. Kami juga akan terus menghadirkan produk dan layanan yang mendukung transportasi harian bagi pelanggan, kendaraan yang ramah lingkungan, dan menjadi teman sehari-hari yang selalu dapat diandalkan,” pungkasnya. (Frd)