Ketua KPK Firli Bahuri/dok.mi

Cerita Ketua KPK Firli Bahuri Usai Fotonya bersama SYL Viral

Editorindonesia, Jakarta – Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Firli Bahuri baru menceritakan pertemuannya dengan mantan Menteri Pertanian (Mentan) Syahrul Yasin Limpo (SYL) setelah fotonya viral. Hal itu disampaikan oleh anggota Dewan Pengawas (Dewas) KPK Harjono.

Dewan Pengawas (Dewas) mengetahui hal tersebut setelah memeriksa Johanis Tanak dan Alexander Marwata.

“Oh cerita dia (Firli), setelah ramai-ramai itu cerita,” kata anggota Dewas KPK Harjono dalam keterangannya di Jakarta, Selasa (31/10).

Harjono mengatakan, pihaknya masih belum mengetahui pembicaraan Firli dengan SYL. Sebab, Ketua KPK itu belum diperiksa, dan rekan kerjanya juga tidak bisa memberikan informasi yang dibutuhkan.

“Enggak tahu, karena hanya saya ketemu ini, itu saja. Apa yang dibicarakan kita enggak tahu, beliau (Alex dan Johanis) juga enggak tahu,” ujar Harjono.

Sebelumnya, Dewas terus mendalami dugaan pelanggaran etik dalam kabar pemerasan dalam penanganan perkara di Kementerian Pertanian (Kementan) dan pertemuan Ketua KPK Firli Bahuri dengan mantan Mentan SYL.

Johanis dan Alex sejatinya dipanggil Dewas KPK pada Jumat, 27 Oktober 2023. Namun, keduanya mangkir dengan dalih ada kegiatan kedinasan yang sudah terjadwal sehingga pemanggilan baru dilakukan kemarin senin (30/10/2023). (Frd)

Baca Juga: Pengamat : KPK Vs SYL, Presiden Jokowi Harus Nonaktifkan Firli Bahuri