dok.BRI

Digital Customer Layanan Baru BRI Buat yang Anti Ribet

Editor Indonesia, Jakarta – Era digital mengubah pola perilaku konsumsi dan bertransaksi di masyarakat. Termasuk peningkatan pelayanan yang lebih mudah dan cepat. Pergeseran perilaku masyarakat tersebut mendorong bagi bank untuk selalu berinovasi untuk memenuhinya sekaligus meningkatkan loyalitas nasabahnya.

Hal itu dilakukan PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk (BRI) dengan mengubah landscape layanan banking hall dari service centre menjadi sales centre secara bertahap. Salah satu teknologi yang mengakomodir kebutuhan tersebut adalah Mesin New SSB (Digi UB) yang akan diimplementasikan di Unit Kerja Operasional BRI.

Demikian disampaikan Direktur Jaringan dan Layanan BRI Andrijanto dalam keterangan persnya, yang diterima pada Senin (18/9/2023). Andrijanto menyatakan layanan ini bertujuan untuk memberikan kemudahan akses dan pengalaman bertransaksi kepada nasabah, sambil tetap mempertahankan aspek kebersamaan yang ada dalam layanan perbankan tradisional. Pada akhirnya, hal ini menjadi upaya untuk mengoptimalkan layanan dan menggali potensi transaksi lainnya yang bersifat high impact atau high value.

“BRI sebagai salah satu bank terbesar dan tersebar di Indonesia, menyadari pentingnya melakukan perubahan dengan melakukan pengembangan teknologi, dan juga digitalisasi layanan perbankan secara menyeluruh (end-to end) dalam suatu perjalanan transaksi nasabah (Customer Journey) yang tidak terpisah atau terbatas pada suatu area tertentu. Digitalisasi layanan perbankan ini juga harus tetap berpusat pada demografi dari nasabah BRI, kecepatan, keandalan perangkat, efisiensi dan efektivitas, serta mampu beradaptasi terus menerus menyempurnakan perjalanan digital,” jelas Andrijanto.

Mesin ini disebut juga Digital CS atau mesin one stop service yang berfungsi untuk melayani transaksi nasabah secara self service. Digital CS merupakan konsep layanan perbankan yang menggabungkan teknologi digital dengan layanan pelanggan yang personal, sehingga layanan prima (service excellence) yang diberikan BRI dapat meningkatkan customer experience.

Digital CS ini dapat melayani beragam aktivitas keuangan nasabah mulai dari, pembukaan rekening (Tabungan BRI Britama, Britama Bisnis, Britama Muda, Simpedes, Simpedes Usaha), penggantian kartu, Reissue PIN, enable kartu, passbook printing (Card & Cardless), cetak rekening koran (Card & Cardless), kirim rekening koran via email (Card & Cardless), cetak 5 transaksi terakhir (Card & Cardless), hingga penerbitan kartu debit.

Tak hanya itu, terdapat banyak kelebihan dari Mesin Digital CS ini di antaranya:
1.Mengurai antrian pada Kantor Cabang,
2.Mempercepat bisnis proses dan layanan di Kantor Cabang,
3.Meningkatkan customer experience dan menciptakan seamless customer journey dari awal hingga akhir (end to end) bagi setiap nasabah BRI,
4.Dapat dilakukan validasi nasabah melalui tap E-KTP dan scan fingerprint,
5.Dapat melakukan pemantauan secara terintegrasi untuk seluruh dan kinerja perangkat dalam satu platform,
6.Menciptakan service excellence kepada nasabah dalam melakukan transaksional di Kantor Cabang BRI.

Untuk informasi lebih jauh mengenai layanan Mesin Digital CS BRI, masyarakat dapat mengunjungi website resmi melalui link https://bri.co.id/digital-cs atau akun Instagram @bankbri_id . (Didi)

Baca Juga:Dirut BRI Mengaku Tidak Terburu-buru Beralih Fully Digital Banking