Dirgakkum Korlantas Polri Brigjen Pol Aan Suhanan didampingi Kabag Ops Korlantas Polri Kombes Pol Eddy Djunaedi melakukan survei jalur di Pelabuhan Merak dan Ciwandan, Banten/dok.korlantas

Dirgakkum Korlantas Polri Survei Kesiapan Jalur Pelabuhan Merak dan Ciwandan

Editorindonesia, Banten – Dirgakkum Korlantas Polri Brigjen Pol Aan Suhanan didampingi Kabag Ops Korlantas Polri Kombes Pol Eddy Djunaedi melakukan survei jalur di Pelabuhan Merak dan Ciwandan, Banten dalam kesiapan pengamanan Operasi Lilin 2023, menjelang Libur Natal 2023 dan tahun baru 2024, pada Senin (20/11).

Brigjen Pol Aan Suhanan menerima paparan langsung dari Kasatlantas Polres Cilegon AKP Jeany Viadiniati di Rest Area KM 43 dan Kasatlantas Polres Serang Kota Kompol Try Winarno di Rest Area 68A terkait rute arus yang nantinya akan diterapkan delay sistem.

“Jadi hari ini kita melaksanakan rapat koordinasi dengan beberapa stakeholder yang tadi Banten dan Merak, kemudian kita juga survei beberapa spot untuk kesiapan pengamanan maupun pengelolaan angkutan nataru tahun 2023,” ujar Brigjen Pol Aan Suhanan.

Setelah melakukan peninjauan di Rest Area KM 43 dan KM 68A, Dirgakkum Korlantas Polri bersama jajaran meninjau Pelabuhan Pelindo II Ciwandan dan berhenti di peninjauan terakhir di PT. ASDP Indonesia Ferry dan mendapatkan pemaparan kesiapan Pelabuhan Merak dan Ciwandan.

Brigjen Pol Aan Suhanan menyampaikan, berdasarkan pemaparan yang disampaikan baik kesiapan sarana dan prasarana pengelolaan di Merak, jalan tol, dan arteri pada pelaksanaan pengamanan maupun pengelolaan angkutan nataru 2023/2024 berjalan dengan baik.

“Saya kira untuk jalan tol maupun Arteri ini nanti pada H-10 atau tanggal 15 ini seluruh pekerjaan yaitu perbaikan jalan, jembatan ini sudah selesai, artinya tidak ada lagi aktivitas pekerjaan sehingga tidak ada lagi yang bisa menghambat akibat pekerjaan tersebut untuk jalur mudik di tol maupun arteri,” tambah Brigjen Pol Aan Suhanan.

Dirgakkum Korlantas Polri menambahkan, keberhasilan dalam pengamanan natal 2023 dan tahun baru 2024 dengan bersinergi dan kolaborasi dari seluruh stakeholder menjadi kunci utama termasuk masyarakat.

“Keberhasilan kegiatan tahun ini juga masih sinergi dan kolaborasi dari seluruh stakeholder ini menjadi kunci utama, termasuk masyarakat ya diberikan informasi lebih awal kepada masyarakat sehingga masyarakat bisa menentukan perjalanannya, dengan sosialisasi dari sekarang sehingga masyarakat, petugas, bisa bersinergi artinya seluruh pelaksanaan kegiatan pengamanan Nataru ini bisa berjalan dengan baik,” tutup Dirgakkum Korlantas Polri.

Turut hadir, General Manager (GM) PT. ASDP Suharto, Direktur Lalu Lintas Jalan Ahmad Yani, dan pejabat utama Korlantas Polri. (Her)

Baca Juga: Kakorlantas Minta Pengamanan Pemilu 2024 Bisa Berjalan Sesuai Rencana