Moge listrik yang dicoba oleh Dishub DKI Jakarta/dok.ant

DKI Anggarkan Beli Moge Listrik untuk Pengawalan Gubernur Senilai Rp6,3 M

Editor Indonesia, Jakarta – Dinas Perhubungan (Dishub) DKI Jakarta anggarkan Rp6,3 miliar untuk pembelian  sepeda motor listrik dengan model motor gede (moge). Motor listrik itu rencananya akan dipakai untuk pengawalan gubernur terpilih.

Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta Syafrin Liputo mengatakan penggunaan motor listrik sesuai Peraturan Presiden 55/2019 tentang Percepatan Implementasi Kendaraan Bermotor Berbasis Baterai serta Instruksi Presiden 7/2022 tentang Penggunaan Kendaraan Motor Listrik Berbasis Baterai untuk Kendaraan Dinas maupun Perorangan Dinas.

Anggaran belanja itu tercantum dalam Sistem Informasi Rencana Umum Pengadaan (SIRUP) Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang dan Jasa (LKPP).

Ia mengatakan ada beberapa moge yang biasanya digunakan untuk pengawalan VVIP sudah tua. Maka, Dishub pun menganggarkan pengadaan motor lagi .

“Oleh sebab itu, kami selaku Dishub memilih kendaraan listrik itu pertama untuk patroli. Ada beberapa kendaraan motor besar yang biasa digunakan untuk pengawalan usianya sudah cukup tua, 2006 terakhir kita mengadakan. Jadi ini kita akan ganti tapi dengan menggunakan teknologi motor listrik,” kata dia.

Syafrin mengatakan motor listrik ini nantinya bakal digunakan untuk mengawal Gubernur Jakarta terpilih.

“Jadi ini kita akan ganti, tapi dengan menggunakan teknologi motor listrik dan rencananya setelah itu diadakan nantinya, motor listrik tersebut akan digunakan prioritasnya untuk pemanduan gubernur terpilih nanti, kan baru tahun depan,” ucapnya.

Ia pun merespons sejumlah kritik dari DPRD DKI soal pengadaan kendaraan listrik itu. Syafrin mengatakan Pemprov ingin memberi contoh kepada masyarakat demi menekan polusi udara di Jakarta. Syafrin mengatakan mobilitas Gubernur Jakarta sangat tinggi. Sehingga, kata dia, dengan pengadaan motor listrik itu dapat menekan polusi udara di Jakarta yang harus dimulai di internal Pemprov DKI.

“Untuk pengawalan maka mobilitas Gub sangat tinggi. Target-target untuk menekan polusi udara Jakarta itu harus mulai dari diri Pemprov DKI Jakarta sendiri. Jadi, bagaimana kita mengajak masyarakat kemudian kita sendiri boros dengan polusi,” katanya.

Spesifikasi detail motor listrik yang akan dibeli belum dipublikasikan. Namun, beberapa waktu lalu Dinas Perhubungan DKI Jakarta sempat mencoba salah satu moge listrik buatan Amerika Serikat, yakni Harley Davidson Livewire One. (Her)