Prabowo Subianto bersama Giubran Rakabuming Raka/dok.ist

Gibran Siap All Out Di Debat Kedua Capres-Cawapres 2024

Editorindonesia, Jakarta – Gibran Rakabuming Raka, calon wakil presiden (cawapres) paslon nomor urut 02, siap all out di debat kedua Capres-Cawapres 2024, yang akan digelar Komisi Pemilihan Umum (KPU), lusa atau Jumat (22/12/2023).

Juru Bicara Gibran, Emil Elestianto Dardak, mengaku tidak ada persiapan khusus yang dilakukan Gibran dalam menghadapi debat dengan cawapres no urut 1 Muhaimin Iskandar dan cawapres no urut 3 Mahfud MD. Ia mengklaim Wali Kota Solo itu menguasai materi debat kedua ini.

Adapun debat khusus cawapres yang akan digelar di Jakarta Convention Center (JCC) Senayan itu mengusung enam tema. Enam tema itu adalah ekonomi (ekonomi kerakyatan serta ekonomi digital), Keuangan, Investasi Pajak, Perdagangan, Pengelolaan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN), Anggaran Pengelolaan Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD), dan Perkotaan.

“Dalam pemilu pasti siapapun melakukan ikhtiar persiapan. Tidak terkecuali Mas Gibran. Dia siap untuk debat cawapres. Mudah-mudahan Mas Gibran diberi kesehatan dan kelancaran untuk mengikuti debat yang akan datang,” ungkap Emil dalam keterangan tertulisnya, yang dikutip pada Rabu (20/12/2023).

Lebih lanjut, Emil menyebut bahwa Gibran mempersiapkan debat dengan berdiskusi dan melakukan tukar pikiran bersama para akademisi dalam menyusun program. Emil menjelaskan, gagasan ekonomi keberlanjutan telah menjadi bahan diskusi Gibran bersama rekan kompetisinya, yakni capres nomor urut 2, Prabowo Subianto. Atas dasar tersebut, Emil optimistis Gibran tidak akan kalah debat dari cawapres lainnya.

“Indonesia ini butuh program yang menjawab permasalahan masyarakat. Saya selalu melihat paslon Prabowo-Gibran saling menyelaraskan dalam membangun kesepahaman yang merupakan format-format keberlanjutan dari pemerintahan saat ini. Antisipasi serta tantangan dan peluang yang akan datang juga akan disampaikan oleh Mas Gibran saat debat nanti,” ujar Emil.

Menurut Emil, Gibran memiliki daya analitis yang baik dalam menelaah beragam masalah, terutama yang berkaitan dengan ekonomi. Jadi pengetahuan mengenai teknologi terkini dan bagaimana pengaruhnya terhadap ekonomi itu semuanya sudah dipahami Gibran dengan baik.

Sebelumnya, Komisi Pemilihan Umum Republik Indonesia (KPU RI) telah mengeluarkan Keputusan Nomor 1621 Tahun 2023 tentang Pedoman Teknis Pelaksanaan Kampanye Pemilihan Umum.

Berdasarkan instrumen tersebut, KPU akan menggelar 5 kali debat untuk pasangan capres dan cawapres 2024. Debat tersebut akan berlangsung selama 150 menit dengan 6 segmen.

Rinciannya, 120 menit untuk debat dan 30 menit untuk jeda iklan. Iklan yang ditayangkan adalah iklan layanan masyarakat yang telah disiapkan KPU. Moderator akan memandu debat pasangan calon dan pendalaman materi. (Frd)

Baca Juga: Jadwal dan Tema Debat Capres-Cawapres di Pilpres 2024