Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI Hasyim Asy'ari (batik/tenga) bersama tim dokter RSPAD Gatot Soebroto/dok.ist

KPU: Semua Capres-Cawapres Lulus Kesehatan dan Bebas Naskoba

Editorindonesia, Jakarta – Semua calon presiden (capres) dan calon wakil presiden (cawapres) pada Pemilu 2024 mampu secara kesehatan jasmani dan rohani. Ketiga bacapres-bacawapres juga dinyatakan bebas dari narkoba.

Hal ini disampaikan Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI Hasyim Asy’ari setelah pihaknya menerima hasil pemeriksaan kesehatan bakal pasangan capres-cawapres dari Rumah Sakit Pusat Angkatan Darat (RSPAD) Gatot Soebroto, hari ini, Jumat (27/10/2023).

Dari tiga bakal pasangan calon itu yang pertama kali mendaftar ke KPU dan menjalani pemeriksaan kesehatan adalah Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar. Pasangan AMIN diusung Koalisi Perubahan untuk Persatuan (KPP).

“Mas Anies Baswedan dan Mas Muhaimin Iskandar menurut hasil pemeriksaan disimpulkan bahwa yang pertama, hasil pemeriksaannya mampu untuk menjalankan tugas sebagai presiden dan wakil presiden. Yang kedua, dinyatakan bebas dari penyalahgunaan narkoba,” ujar Hasyim di Kantor KPU RI.

Kesimpulan yang sama juga diperoleh dua bakal pasangan lainnya, yakni Ganjar Pranowo-Mahfud MD dan Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka.

Pasangan AMIN menjalani pemerksaan kesehatan pada Sabtu (21/10/2023). Adapun Ganjar-Mahfud menjalani tes kesehatan pada Minggu (22/10/2023). Sedangkan Prabowo-Gibran menjadi pasangan terakhir yang menjalani tes kesehatan, yakni pada Kamis (26/10).

Sementara itu, Kepala RSPAD Gatot Subroto Letjen Budi Sulistya menegaskan pihaknya menyusun tim pemeriksa kesehatan yang profesional, independen, dan dapat dipercaya. Tim pemeriksa itu juga terdiri dari perwakilan kolegium, Himpunan Psikologi Indonesia, serta Badan Narkotika Nasional (BNN). (Didi)

Baca Juga: Dua Rumah Ketua KPK Firli Bahuri Digeledeh Polisi terkait Dugaan Pemerasan SYL