Pelatih Liverpool Jurgen Klopp selebrasi merayakan timnya membalas gol lawan/dok.afp

Liverpol Bungkam LASK 3:1 di Laga Perdana Liga Europa 2023

Editor Indonesia, Jakarta – Awal yang positif dijalani Liverpool FC Liga Europa musim ini (2023/2024). Tim asuhan Jurgen Klopp ini membukukan kemenangan 3:1 atas klub Austria LASK Lizn di Raiffeisen Arena, Jumat (22/9/2023) WIB.

Babak pertama di menit ke 14 gawang Liverpol kebobolan terlebih dulu dari tendangan keras Florian Flecker. Kedudukan 1:0 untuk LASK, hingga babak pertama berakhir.

The Reds, julukan Liverpol, mampu membalikkan keadaan dengan mencetak tiga gol pada babak kedua yang dicetak oleh Darwin Nunez (56’), Luis Diaz (63’), dan Mohamed Salah (88’).

Secara keseluruhan, jalannya laga dikuasai tim tamu Liverpool pada babak pertama. Setelah kebobolan, The Reds, itu bereaksi cepat dengan menciptakan peluang-pelaung cukup berbahaya.

Memasuki babak kedua, Liverpool meningkatkan instensitas serangan. Hasilnya, tim yang baru saja kembali ke kompetisi Liga Europa setelah terakhir kali pada 2015/2016 itu akhirnya mampu menyamakan kedudukan menjadi 1-1 melalui penalti Nunez pada menit ke-56 setelah sebelumnya Luis Diaz dilanggar di kotak terlarang.

Liverpool memanfaatkan kelengahan LASK dalam bertahan dengan kembali mencetak gol dan membuat skor menjadi 2-1 pada menit ke-63 melalui tendangan Diaz setelah mendapatkan umpan dari pemain baru yang bermain sejak awal, Ryan Gravenberch.

Pada menit ke-74, tim yang belum terkalahkan di Liga Inggris itu hampir menggandakan skor ketika sontekan pemain pengganti, Mohamed Salah hampir menjebol gawang LASK yang sudah kosong.

Upaya Salah untuk mencetak gol baru terjadi pada menit ke-88. Melalui aksi individual, bintang asal Mesir itu melewati dua pemain sekaligus sebelum melesatkan bola di sela-sela kaki kiper LASK. Skor menjadi 3-1 dan skor ini bertahan sampai peluit panjang berbunyi.

Kemenangan ini menjadi awal yang manis Liverpool di Liga Europa musim ini. Tiga poin ini juga menandai kemenangan ke-50 Klopp sebagai pelatih Liverpool di kompetisi Eropa.

Hasil ini membawa Si Merah memimpin klasemen sementara Grup E dengan 3 poin, diikuti Toulouse dan Union Saint-Gilloise dengan 1 poin, dan LASK dengan 0 poin.

Susunan Pemain:
LASK: Tobias Lawal, Philip Ziereis, Andres Andrade, Felix Luckeneder (Ebrima Darboe 80’), Florian Flecker (Sanoussy Ba 89’), Branko Jovicic, Sascha Horvath, Rene Renner (George Bello 89’), Marin Ljubicic (Moussa Kone 68’), Robert Zulj, Elias Havel (Ibrahim Mustapha 68’)
Pelatih: Thomas Sageder

Liverpool: Caoimhin Kelleher, Stefan Bajcetic (Joe Gomez 61’), Virgil van Dijk, Ibrahima Konate (Joel Matip 81’), Kostas Tsimikas, Harvey Elliot, Ryan Gravenberch (Mohamed Salah 74’), Wataru Endo (Alexis Mac Allister 61’), Ben Doak (Dominik Szoboszlai 61’), Darwin Nunez, Luis Diaz
Pelatih: Jurgen Klopp. (Frd)