Lubang menganga di Tol Bocimi KM 64, Rabu malam (3/4) /dok.radar bogor

Longsor di Tol Bocimi KM 64 Diduga Akibat Gerusan Air hujan

Editor Indonesia, Sukabumi – Longsor yang terjadi di Jalan Tol Bogor-Ciawi-Sukabumi (Bocimi) KM 64, Kecamatan Ciambar, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat arah Sukabumi, akibat gerusan air saat hujan deras pada Rabu malam (3/4/2024)

“Diduga longsor terjadi karena gerusan air akibat hujan deras sekitar lokasi. Saat ini Manajemen PT Waskita Karya (Persero) Tbk dan PT Waskita Toll Road sedang melakukan peninjauan lokasi untuk memastikan penanganan dan melihat kondisi keseluruhan ruas Tol Bocimi,” kata Corporate Secretary PT Waskita Toll Road (WTR), Alex Siwu dalam keterangan persnya, yang dikutip pada Kamis (4/4/2024).

Menurut Alex, adapun area yang terdampak bencana longsor yakni lajur I mainroad Jalan Tol Bocimi. Akibat kejadian itu informasinya ada satu unit mobil terperosok ke areal jalan yang longsor dan hingga kini masih dalam upaya evakuasi.

Antisipasi terjadinya hal yang tidak diinginkan akses arah dari Parungkuda menuju Ciawi ditutup sementara untuk menghindari potensi atau terjadinya longsor susulan. Maka dari itu, pihaknya meminta kepada pengendara untuk memahami aturan ini demi keselamatan.

“Pengamanan di sekitar lokasi dan di gerbang Tol Parungkuda kami perketat antisipasi adanya kendaraan yang masuk dari Jakarta/Bogor ataupun Sukabumi masuk ke jalur tersebut,” ungkapnya.

Dari keterangan tertulis Manageman PT Trans Tol Jabar, yang diterimna Kamis (4/4/2024), disebutkan ada tiga kendaraan yang melintas saat terjadi longsor di Tol Bocimi KM64 tersebut. Yakni dua unit kendaraan MPV dan satu unit truk. Ketiganya melaju dari arah Jakarta menuju Sukabumi.

“Satu mobil jatuh, sedangkan satu mobil lainya dan truk selamat usia membanting stir,” tulisnya..

Akibat kejadian itu, dua orang penumpang kendaraan yang terperosok mengalami luka-luka dan dibawa ke RSUD Sekarwangi untuk menjalani perawatan medis. “Dua orang korban. Alami luka ringan dan sudah dilarikan ke RSUD Sekarwangi,” tuturnya.

Beruntung dalam kejadian ini tidak ada korban jiwa. Sementara saat ini pihak Trans  Tol Jabar masih melakukan identifikasi dan penanganan longsor dan amblesnya jalan Tol Bocimi di KM 64. (Didi)