NewJeans mempromosikan McDonald's/dok.koreaboo

Netizen Serukan Boikot NewJeans dan McDonald’s

Editorindonesia, Jakarta – Netizen menyerukan memboikot NewJeans yang merupakan idol grup asal Korea Selatan dibawah naungan agensi ador yang merupakan anak perusahaan HYBE label. Alasannya NewJeans berkolaborasi dengan McDonald’s. Kolaborasi ini memicu amarah netizen.

NewJeans yang dianggap sebagai adik dari BTS karena berada di naungan agensi yang sama, melakukan Kolaborasi yang menimbulkan amarah di kalangan netizen karena McDonald’s dianggap sebagai brand yang mensuport Israel. Dimana McDonald’s menyumbangkan makanan gratis bagi tentara Israel setelah serangan 7 Oktober. Dimana tentara Israel diketahui membunuh anak-anak, perempuan dan lansia serta membom rumah sakit yang melanggar hukum internasional

Dilansir Koreaboo pada Sabtu (11/11/2023), kolaborasi NewJeans dan McDonald’s dilakukan untuk kampanye khusus di 10 wilayah di Asia dalam mempromosikan sandwich ayam dan McNuggets dari jaringan makanan cepat saji tersebut.

Kolaborasi ini termasuk kemasan edisi terbatas khusus dan merchandise, seperti stiker atau photocard para member NewJeans. Beberapa lokasi juga memiliki grafis dan standee NewJeans. Kemitraan ini berlanjut ketika McDonald’s Singapura meluncurkan kolaborasi NewJeans, mempromosikan item menu baru, termasuk ayam manis dan pedas Korea dan frappé garam laut coklat hitam.

Semakin banyak orang yang menyuarakan kecaman terhadap Israel karena kekejaman mereka, telah mengakibatkan jatuhnya ribuan korban jiwa di kalangan anak anak dan wanita.

Di lain sisi kemasan sandwich McDonald’s yang berwarna putih biru seperti bendera Israel menimbulkan sentimen negatip di kalangan masyarakat karena dianggap merepresentasikan bendera israel.

Menurut Reuters, ribuan orang tewas akibat pemboman dan pertempuran lainnya yang terjadi di wilayah tersebut dan banyak orang yang selamat kehilangan keluarga, teman dan rumah. Laporan terbaru memperkirakan lebih dari 10.000 warga Palestina telah terbunuh di wilayah tersebut.

Sayangnya, McDonald’s dianggap tidak menunjukkan dukungan kepada masyarakat yang menderita di Gaza. Akibatnya, masyarakat di seluruh dunia, terutama di negara-negara seperti Amerika Serikat, Indonesia dan Malaysia, mendesak boikot terhadap McDonald’s. Imbas dari masalah itu desakan boikot terhadap kolaborasi NewJeans dan McDonald’s pun beredar di masyarakat. (Frd)

Baca Juga: Jumhur: Buruh Indonesia dan Seluruh Dunia Boikot Pengiriman Barang ke israel