Pj Gubernur DKI Jakarta Heru meresmikan 4 reservoir komunal, Rabu (4/10)/Dok.tangkapan layar

PAM Jaya Operasikan Empat Reservoir Komunal untuk 7.741 Konsumen

Editorindonesia, Jakarta – PAM Jaya sudah siap mengoperasikan sebanyak empat reservoir dan satu water treatment plant (WTP) di wilayah Cilincing, Pluit, dan Marunda, Jakarta Utara; serta Taman Sari, Jakarta Barat. Reservoir itu secara simbolis diresmikan Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta, Heru Budi Hartono, kemarin, Rabu (4/10/2023).

“Empat tambahan reservoir komunal dan satu instalasi pengolahan air (IPA) portabel itu menelan biaya investasi sekitar Rp41 miliar untuk perbaikan pelayanan kepada sedikitnya 7.741 pelanggan,” kata Direktur Utama (Dirut) PAM Jaya, Arief Nasrudin, dalam keterangannya, Kamis (5/10/2023)

Arief menjelaskan, bak penampung itu nantinya akan mendorong air ke ke rumah-rumah penduduk. Dengan demikian, pelanggan yang berlokasi di titik terjauh dari lokasi IPA PAM Jaya dapat menerima debit air yang cukup. Reservoir komunal yang dibangun di sekitar Waduk Pluit itu bertujuan untuk mengatasi kekurangan air bersih di wilayah Rusun Waduk Pluit, Elektro, Pergudangan, Kecamatan Penjaringan, Jakarta Utara, dan sekitarnya.

“Untuk IPA portabel di wilayah Muara Baru, Penjaringan, itu debit air dua liter per detik, kapasitas 200 meter kubik untuk cakupan perbaikan sebanyak 292 pelanggan atau setara kurang lebih untuk 400 KK di RW 17 Penjaringan,” jelas Arief.

Empat reservoir komunal ini dibangun sebagai upaya untuk mencapai target 100 persen cakupan air bersih bagi warga Jakarta pada 2030. Per Juli 2023, PAM Jaya baru melayani 65 persen konsumen.

“Dalam rangka mewujudkan 100 persen cakupan pelayanan air perpipaan pada tahun 2030 bagi seluruh warga Jakarta dan meningkatkan pelayanan ketersediaan air bersih,” ungkap Arief.

Untuk diketahui, PAM Jaya akan membuat sedikitnya 14 reservoir komunal yang ditargetkan selesai pada 2023. Beberapa reservoir komunal yang telah selesai dibuat berada di Marunda Kepu, Rorotan, dan Duri Kosambi. Terbaru, reservoir komunal yang sudah diresmikan dan dioperasikan yakni di Cilincing, Rusun Marunda, Pluit, dan Tamansari. (Didi)