Ilustrasi/dok.freepik

Perempuan Lebih Rentan Depresi Dibanding Pria, Ini Penyebabnya

Editor Indonesia, Jakarta – Depresi merupakan kondisi kesehatan mental yang ditandai dengan perasaan sedih, kehilangan minat dan energi, serta perubahan perilaku dan pola pikir. Depresi dapat mempengaruhi siapa saja, namun beberapa penelitian menunjukkan bahwa wanita lebih rentan terkena depresi dibandingkan dengan laki-laki.

Menurut World Health Organization (WHO), prevalensi depresi pada wanita dua kali lebih tinggi dibandingkan dengan laki-laki. Hal ini dapat disebabkan oleh berbagai faktor, seperti perbedaan biologis, sosial, dan psikologis antara wanita dan laki-laki.

Faktor biologis menjadi salah satu penyebab wanita lebih rentan terkena depresi. Hormon estrogen pada wanita dapat mempengaruhi neurotransmitter dalam otak yang berperan dalam regulasi mood dan emosi. Selain itu, perubahan hormon selama siklus menstruasi, kehamilan, dan menopause juga dapat mempengaruhi kesehatan mental wanita.

Faktor sosial juga menjadi penyebab wanita lebih rentan terkena depresi. Wanita seringkali memiliki peran ganda sebagai ibu, istri, dan pekerja. Beban tugas yang berat dan kurangnya dukungan sosial dapat menyebabkan stres dan meningkatkan risiko depresi.

Faktor psikologis juga mempengaruhi rentan tidaknya seseorang terkena depresi. Wanita cenderung lebih introspektif dan sensitif terhadap perasaan mereka sendiri dibandingkan dengan laki-laki. Selain itu, pengalaman trauma dan kekerasan juga dapat meningkatkan risiko depresi pada wanita.

Untuk mengatasi masalah depresi pada wanita, diperlukan pendekatan yang holistik. Terapi psikologis seperti kognitif-behavioral therapy (CBT) dan interpersonal therapy (IPT) dapat membantu mengatasi gejala depresi pada wanita. Selain itu, pengobatan dengan obat-obatan antidepressant juga dapat membantu mengatasi depresi.

Selain pengobatan, perubahan gaya hidup juga dapat membantu mengatasi depresi pada wanita. Olahraga rutin, tidur yang cukup, dan konsumsi makanan sehat dapat membantu meningkatkan kesehatan mental dan fisik.

Selain itu, dukungan sosial juga penting untuk membantu mengatasi depresi pada wanita. Keluarga dan teman-teman dapat memberikan dukungan moral dan emosional yang dibutuhkan oleh penderita depresi.

Dalam hal ini, penting bagi masyarakat untuk lebih memahami kondisi depresi pada wanita dan memberikan dukungan yang dibutuhkan. Dengan dukungan dari berbagai pihak, diharapkan penderita depresi dapat pulih dan kembali menjalani kehidupan yang sehat. (dari berbagai sumber/Frd)