Pembalap Red Bull Racing Max Verstappen/dok.AFP

Rebut Pole Position di GP Qatar Max Verstappen Diambang Juara Dunia F1

Editorindonesia, Jakarta – Max Verstappen makin mendekati tahta sebagai juara dunia F1 2023/2024. Hal itu usai pembalap Red Bull Racing ini merebut pole position atau start terdepan seusai menjadi yang tercepat pada sesi kualifikasi Formula 1 Grand Prix (GP) Qatar di Sirkuit Lusail, Sabtu (7/10/2023) WIB.

Posisi itu semakin mendekatkan pembalap Belanda itu untuk merebut gelar Juara Dunia F1 ketiga kali secara berturut-turut.

Max Verstappen membutuhkan tiga poin untuk mengunci gelar juara musim ini. Pembalap berusia 26 tahun ini hanya perlu finis di posisi keenam atau lebih tinggi dalam Sprint Race nanti malam.

“Ini awal yang bagus untuk akhir pekan ini. Saya senang berada di posisi terdepan dan ini merupakan hari yang baik bagi kami,” kata Verstappen.

Tentu saja, lanjutnya, dirinya ingin memenangkan balapan ini apa pun yang terjadi besok. “Kami telah meraih pole dan saya ingin memenangkannya,” tekadnya.

Itu adalah pole position ke-10 Verstappen di musim yang penuh dominasi bersama Red Bull. Verstappen mencatat waktu 1 menit 23,778 detik di Kualifikasi 3 (Q3). Catatan waktu ini lebih cepat +0,441 detik dari peringkat kedua, George Russell (Mercedes). Sedangkan posisi ketiga direbut rekan satu tim Russell, Lewis Hamilton, yang mencatatkan waktu 1 menit 24,305 detik.

Rekan setim Verstappen, Sergio Perez akan start di posisi ke-13 di grid setelah catatan waktunya dihapus pada fase kedua kualifikasi. Padahla, dia adalah pembalap yang masih bersaing secara matematis untuk meraih gelar dengan selisi 177 poin dari Verstappen.

“Ini belum berakhir tapi akan sangat sulit untuk dilewati, apalagi dengan kondisi lintasan. Kami akan lihat apa yang mampu kami lakukan,” kata Perez. (dari berbagai sumber/Frd)